Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

URUTAN KE-3 TERCEPAT DIKECAMATAN BUA, PEMERINTAH DESA BAROWA MENYALURKAN BLT DANA DESA JANUARI - MARET 2022

27 April 2022
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 121 kali

BAROWA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan fokus penggunaan dana desa 2022 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa sudah tepat. Kebijakan tersebut untuk meminimalkan dampak buruk pandemi Covid-19 bagi warga desa serta mempercepat penuntaskan penanganan kemiskinan di desa.

"Kita harus berterima kasih kepada Presiden karena Undang-Undang Nomor 2 tahun 2020 mampu menjadi payung hukum berbagai langkah taktis dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 di tanah air. Salah satu implementasinya ya di 2022 untuk Dana Desa difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai sebagai jaring pengaman sosial," ujar Menteri Abdul Halim Iskandar saat meluncurkan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Desa.

Pemerintah pusat, kata Gus Halim memberikan patokan penggunaan dana desa. Yakni 40% untuk BLT, selebihnya 60% dapat dimanfaatkan untuk program pemberdayaan untuk masyarakat desa, rinciannya 20% untuk ketahanan pangan dan hewani, 8% untuk mendukung kegiatan penanganan Covid-19 seperti percepatan dan sosialisasi vaksinasi, sedangkan yang 32% untuk program prioritas hasil Musyawarah Desa.

Dikecamatan Bua Desa Barowa merupakan Desa tercepat ketiga dalam hal penyaluran BLT Dana Desa. Dalam Penyaluran yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2022 dihadiri oleh Camat Bua (H. MUH. SATTI ABDUL LETIEF, S.Sos), Ketua BPD Desa Barowa (Chaldun Siodja), Kepala Desa Barowa (Ikhsan Arifin), Bhabinkamtibmas Desa Barowa (Aiptu Israil Ibrahim) serta Pendamping Desa (Musmulyadi Bakri, ST, Yunus, ST, Mirahartati & Ernawati, S.Pd).

Dalam sambutannya Kepala Desa Barowa (Ikhsan Arifin) Menyampaikan bahwa " Dalam hal Penerimaan Bantuan Langsung Tunai harus langsung kepala keluarga yang menerima tidak boleh diwakili sesuai dengan aturan dan hasil keputusan musyawarah. Daftar Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini diputuskan melalui Musyawarah. Kepala Desa Barowa juga menyampaikan bahwa Dana BLT yang diterima sewajarnya dibelanjakan untuk keperluan dapur bukan untuk keperluan lainnya sesuai arahkan Presiden Indonesia. Lebih lanjut, Pemerintah Kecamatan Bua (H. MUH. SATTI ABDUL LETIEF, S.Sos) menyampaikan "harapan saya semua masyarakat desa barowa membelanjakan Dana BLT ini didalam lingkup desa sendiri untuk memulihkan keadaan ekonomi desa barowa sesuai dengan anjuran Presiden Republik Indonesia untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)". terakhir Pemerintah Kecamatan Bua menyampaikan kepada masyarakat desa barowa untuk membantu Pemerintah Desa Barowa dalam semua aspek demi kemajuan Desa Barowa.

Pada penyaluran BLT Dana Desa Pertama ini, Pemerintah Desa Barowa mengucurkan Dana sebanyak Rp. 72.900.000 (Tujuh Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 81 Kepala Keluarga yang lolos seleksi melalui Musyawarah Desa Khusus Penerima BLT Dana Desa Tahun 2022. Kami sangat terbantu dengan adanya Bantuan ini, karena tinggal menghitung hari datangnya Hari Idul Fitri 1443 H, yang dapat kami digunkan untuk keperluan rumah tangga, "ujar salah seorang warga yang mendapat BLT.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia