Foto Berita
BLT SUBSIDI BBM TERSALURKAN DI DESA BAROWA

14 September 2022

LUWU-DB. Bantuan Langsung Tunai Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat sudah ditindak lanjuti secara serentak di seluruh Indonesia. Seperti halnya di Desa Barowa Kecamatan Bua Kabupaten Luwu pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 telah salurkan sebanyak 105 Keluarga Penerima Manfaat BLT BBM ini. Tenaga dari PT. POS Indonesia cabang Palopo yang menjadi penyalur BLT BBM ini juga sangat antusias dalam menyalurkan bantuan. Terbukti pada hari yang telah ditentukan, mereka hadir 10 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Seakan tak mau kalah dengan Tim Penyalur dari PT. POS Indonesia, sejumlah warga yang sudah mendapatkan Barcode yang diberikan oleh Pemerintah Desa Barowa mereka bahkan ada yang hadir setengah jam sebelum waktu yang ditentukan.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan, semua keluarga penerima manfaat didesa barowa tidak ada yang diwakili dan semua membawa dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang asli. Berkat kehadiran Kepala Desa Barowa IKHSAN ARIFIN dalam membantu mengatur jalannya penyaluran BLT BBM ini, semua berjalan dengan lancar dan tidak yang saling mendahului satu sama yang lain. Acara penyaluran ini berjalan kurang lebih satu jam dengan total penerima sejumlah 105 sesuai dengan daftar yang terbit. "Alhamdulillah ada lagi Bantuan BLT BBM ini didapat, sangat bermanfaat sekali ini bantuan untuk kebutuhan Pokok sehari-hari", ujar salah seorang penerima yang enggan disebutkan namanya.

Foto Berita
TIM PUSKESMAS KECAMATAN BUA LAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN DI KANTOR DESA BAROWA

13 September 2022

LUWU-DB. Tim Penyuluh Kesehatan Puskesmas Bua gencar melakukan penyuluhan kesehatan ke semua desa dan kelurahan yang ada dikecamatan bua dalam rangka mencegah peningkatan kasus penyakit terutama Penyakit Diare pada anak dan Penyakit Rabies. Pada kegiatan Penyuluhan tersebut materi yang dibawakan oleh dr. H. Bunadi, M.Kes yaitu tentang Penyakit Rabies yang ditularkan oleh hewan. Dalam menyampaikan materinya, beliau menegaskan untuk mengenali ciri-ciri hewan bisa menyebabkan rabies karena gigitannya. Hewan paling sering menyebabkan rabies yaitu anjing gila disamping kucing juga bisa menyebabkan rabies, lanjutnya.

Selain mengenali ciri-ciri hewan yang bisa menyebabkan rabies, dr. H. Bunadi, M.Kes juga mengajari masyarakat untuk melakukan penanganan pertama jika terjadi gigitan. Puskesmas Bua merupakan Sentra Vaksin untuk Rabies, sehingga ketersediaan vaksin rabies selalu standby di puskesmas. Selain materi tentang Rabies, juga hadir dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri yang membawakan tentang materi Diare yang juga menjadi fokus penanganan di puskesmas bua. Mengingat belakangan ini banyak yang datang ke puskesmas bua dengan diagnosis Diare. Yang paling bnyak terserang yaitu anak-anak. Dengan maraknya kasus diare ini, dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri menegaskan kepada masyarakat terutama ibu-ibu untuk cepat melakukan penanganan pertama sesuai dengan apa yang di jelaskannya pada slide yang ditampilkan. "Untuk ibu-ibu ketika jangan menunggu parah baru kita bawa ke puskesmas, karena bisa fatal akibatnya kalau terlambat ki' bawa anak ta', lanjut dokter cantik ini yang juga merupakan anak salah satu dokter ternama di palopo. Dalam sesi tanya-jawab masyarakat antusias untuk mengetahui apa yang menjadi penetus penyakit sampai penangannya.

Foto Berita
SALURKAN BLT BULAN SEPTEMBER, PEMDES BAROWA MERAMPUNGKAN PENYALURAN BLT DANA DESA TRIWULAN KE-3 TAHUN 2022

06 September 2022

LUWU-DB. Pemerintah Desa Barowa pada hari Selasa tanggal 6 September 2022 tahun 2022 menyelesaikan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Triwulan Ke-3 (Juli-September) dimana untuk bulan Juli & Agustus telah disalurkan pada bulan sebelumnya. Untuk bulan September ini, Pemerintah Desa Barowa menyalurkan dana sebesar Rp. 24.300.000 untuk Delapan Puluh Satu (81) Keluarga Penerima Manfaat. Pada sambutannya, Kepala Desa Barowa (IKHSAN ARIFIN) agar selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Pemerintah serta menggunakannnya sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, jangan menggunakannya untuk kepentingan lainnya. Kepala Desa Barowa juga menekannnya bahwa jangan selalu mengharap bantuan dari pemerintah, jangan jadikan bantuan dari pemerintah untuk tidak menacri rejeki ditempat lainnya. 

Sambutan kedua disampaikan oleh Kapolsek Bua (IPTU SYARIEF SIKATI S,H, MH) yang menegaskan bahwa aturan terbaru untuk semua penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa wajib melakukan Vaksin Ke-3 (Booster). Ini merupakan aturan resmi dari pemerintah pusat, bagi penerima yang tidak melakukan booster tidak akan diberikan/tidak bisa menerima bantuan tersebut. Kami menghimbau seluruh desa se-kecamatan bua yang akan melakukan penyaluran BLT Dana Desa,bukan hanya didesa Barowa. Menutup sambutannya, Kapolsek Bua menghimbau juga kepada semua penerima untuk sama-sama menjaga keadaan agar tetap kondusif.

Melanjutkan sambutan Pemerintah Desa Barowa, Staf Ekbang Kecamatan Bua (ISMADI) menuturkan "Pergunakan ki' dengan bijak ini uang BLT yang kita terima semua, jangan ki' pergunakan untuk hal-hal yang tidak penting, karena sekarang naik semua barang-barang yang disebabkan harga BBM naik". Ingatkan ki' juga untuk generasi muda ta' semua untuk tidak terpancing ikut demonstrasi terkait kenaikan harga BBM, mengingat sekitar 2 bulan yang lalu ada satpam yang meninggal akibat kegiatan deminstrasi. Jadi jangan sampai terulang lagi hal yang seperti itu, lanjutnya. Hadir juga dalam acara Penyaluran ini, Pendamping Desa (Mirahartati) menyambung untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber Dari Dana Desa tahun depan, belum diketahui sepenuhnya apakah masih ada atau sudah tidak ada. Kalaupun masih ada dan terdapat pengurangan, sabar ki' saja karena anggaran juga terbatas.

Foto Berita
PEMDES BAROWA MERAIH JUARA 2 LOMBA ADMINISTRASI SE-KECAMATAN BUA

01 September 2022

LUWU-DB. Republik Indonesia telah memasuki usia ke-77 Tahun. Tak terasa perjuangan para pahlawan Indonesia dalam merebut dan memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia sudah 77 Tahun yang lalu. Setiap tahunnya serentak seluruh masyarakat se tanah air memperingati Hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus dengan berbagai macam kegiatan perlombaan, baik perlombaan yang bersifat tradisional maupun perlombaan yang modern. 

Tak terkecuali Pemerintah Kecamatan Bua yang mengadakan Lomba antar Desa se-kecamatan bua, salah satu diantaranya lomba Administrasi Desa. Pada lomba tersebut Pemerintah Kecamatan Bua membagi 2 (dua) Tim Penilai untuk memeriksa 14 desa di Kecamatan Bua. Saat penilaian berlangsung di Desa Barowa, Tim Penilai dari Kecamatan Bua melangsungkan kegiatan selama kurang lebih 20 menit. Pemerintah Desa Barowa jauh sebelum hari penilaian sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin. Alhamdulillah setelah pengumuman lomba, Desa Barowa meraih peringkat ke 2. Rangkaian lomba HUT Republik Indonesia di Kecamatan Bua melangsungkan berbagai macam lomba antar desa.

Foto Berita
PEMERINTAH DESA BAROWA DAN ATR/BPN LUWU MENYERAHKAN 361 SERTIFIKAT PTSL

31 Agustus 2022

Luwu-DB. Tepat pada Selasa tanggal 16 Agustus 2022 Sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sisitematis Lengkap) sejumlah 361 lembar langsung diserahkan oleh Pemerintah Desa Barowa "IKHSAN ARIFIN" bersama dengan Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Luwu "GUNAWAN HAMID, AP.tnh, MH" kepada seluruh masyarakat yang telah mendaftarkan tanahnya untuk dibuatkan sertifikat. Proses penyerahan sertifikat PTSL ini juga dihadiri dan disaksikan oleh Ketua Tim Adjukasi PTSL "DWI WEDADA, S.Sos, Inspektorat Kabupaten Luwu "SUPARMAN S.Kom,MM, Pemerintah Kecamatan Bua " H. MUH. SATTI ABDUL LATIEF, S.Sos".

Kepala ATR/BPN Luwu "GUNAWAN HAMID, AP.tnh, MH menjelaskan bahwa "dari 376 kouta untuk Desa Barowa, untuk hari ini yang kita serahkan kepada masyarakat sebanyak 361 lembar sertifikat. Berarti masih ada sebanyak 15 lembar sertifikat yang belum dapat diserahkan dan akan menyusul paling lambat akhir bulan agustus dikarenakan masih terkait teknis penerbitan" ujarnya. 

Kehadiran pihak Inspektorat Kabupaten Luwu dalam proses penyerahan sertifikat PTSL di Desa Barowa menurut "GUNAWAN HAMID, AP.tnh, MH" bertujuan untuk memberikan klarifikasi sekaligus pembenaran kepada seluruh masyarakat bahwa penerbitan sertifikat PTSL selama ini mengalami kendala bahkan sempat tertunda sekian tahun disebabkan adanya virus Covid-19 yang juga ikut melanda Indonesia.

Lanjutnya "GUNAWAN HAMID, AP.tnh, MH" ini juga bagian dari upaya pelurusan persepsi oleh sebagian kecil masyarakat yang ragau akan penertiban sertifikat PTSL ini. "Memang benar adanya untuk penundaan penerbitan setifikat PTSL ini beberpa tahun belakangan ini yang disebabkan adanya perubahan format berkas dan yang berpenagruh yaitu adanya Covid-19" jelasnya.

Dalam penyerahan Sertifikat ini, masyarakat sangat bersyukur disebabkan setelah penantian yang cukup lama akhirnya terealisasikan juga. "Saya pribadi sangat merasa senang skali karena sudah adami ini sertifikat ditanganku dan puas ka juga dengan kinerja pemdes barowa yang selalu kasi ingat warganya kalau ada perubahan-perubahan" ungkap salah seorang warga yang menjadi penerima sertifikat PTSL.

Foto Berita
PEMERINTAH DESA BAROWA MENYALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) BULAN JULI & AGUSTUS

31 Agustus 2022

LUWU-DB. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai telah memasuki Triwulan Ketiga yaitu untuk bulan Juli, Agustus dan September. Sebagaimana diketahui bahwa Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2022 ini dibagi atau disalurkan setiap 3 bulan sekali, jadi dalam tahun ini dibagi menjadi 4 triwulan pencairan. Seiring berjalannya waktu sampai saat sekarang ini, Pemerintah Desa Barowa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tepat pada tanggal 4 Agustus 2022, kembali Pemerintah Desa Barowa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk bulan Juli dan Agustus sebanyak Rp. 48.600.000 untuk 81 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dalam acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini Kepala Desa Barowa IKHSAN ARIFIN membuka dengan menyampaikan agar seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejumlah 81 penerima membelanjakannya untuk keperluan atau kebutuhan dapur yaitu kebutuhan pokok sehari-hari serta usahakan dibelanjakan dalam lingkup desa Barowa agar dapat membantu perekonomian desa barowa. 

Tak lupa juga Pemerintah Kecamatan Bua H. MUH. SATTI ABDUL LATIEF, S.Sos mengingatkan kepada semua penerima untuk tidak mebelanjakan Dana BLT yang diterima untuk keperluan lain. " Biasa juga ada yang pakai dana BLTnya untuk keperluan lain,diluar kebutuhan pokok itu sangat tidak disarankan" imbuhnya. CHALDUN SIODJA sebagai Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Barowa menambahkan untuk selalu bersyukur dan tidak bergantung atau mengandalkan dengan bantuan dari pemerintah. 

Turut hadir juga para Tenaga Pendamping Desa Yunus, ST, Mihrahartati, Musmuliyadi, ST, & Ernawati. Dalam Kesempatan ini Tenaga Pendamping Desa hanya menambahkan untuk melaporkan kepada Pemerintah Desa jika ada Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang mendapatkan Bantuan Lainnya yang bersumber dari Pemerintah.

Foto Berita
MENGGELAR MUSYAWARAH DESA, BPD & PEMERINTAH DESA BAROWA MEMBENTUK TIM PENYUSUN RKPDes T.A 2023

31 Agustus 2022

Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. Sebagaimana ketentuan Pasal 5 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Pembangunan Desa, RKPDes mulai disusun oleh Pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan. Ketentuan itu juga diatur dalam Perturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi Nomor 21 tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Pasal 22 Ayat (4) yang mengamanatkan bahwa RKPDes disusun pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan paling lambat akhir bu;an September tahun berjalan.

Dengan dasar itu Pemerintah Desa Barowa bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa Barowa memulai Penyusunan RKPDes dengan menyelenggarakan Musyawarah Desa yang diselenggarakan oleh BPD Desa Barowa sebagaimana ketentuan Pasal 31 Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dalam rangka Pembentukan Tim Penyusun RKPDes yang ditetapkan dengan SK Kepala Desa serta dituangkan dalam Berita Acara Musdes (Musyawarah Desa). Dalam Musyawarah tersebut juga dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Bua H. Muh. Satti Abdul Latief, S.Sos, Staf Ekbang Kecamatan Bua ISMADI dan juga Pendamping Desa Yunus, ST, Musmuliyadi,ST, Mihrah Hartati, Ernawati. Dalam Sambutannnya, Pemerintah Kecamatan Bua menyampaikan kepada Tim Penyusun RKPDes untuk segera bekerja sesuai dengan bidang masing-masing setelah ditetapkan dengan SK Kepala Desa. 

Kepada Tim Penyusun yang telah terpilih agar selalu berkoordinasi dengan Tenaga Pendamping Desa untuk mempercepat serta mengurangi resiko kesalahan pada saat penyusunan naskah RKPDes, ujar Yunus, ST selaku Tenaga Pendamping Desa. Senada dengan hal tersebut Pemerintah Desa Barowa Ikhsan Arifin dan Ketua BPD Desa Barowa Chaldun Siodja, menyerukan untuk tetap memperhatikan aturan-aturan yang berlaku serta mengkonsultasikan dengan pihak-pihak yang terkait dalam penyusunan naskah RKPDes. Ketua BPD Desa Barowa selaku penyelenggara kegiatan Musyawarah ini menutup acara setelah terpilihnya seluruh anggota Tim Penyusun RKPDes untuk Tahun Anggaran 2023.

Foto Berita
Study Tiru di 3 Desa, Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu Dapatkan Banyak Ilmu Baru

30 Agustus 2022

Barowa-Luwu,. Dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintah dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah desa se-kabupaten luwu mengadakan Study Tiru di 3 (tiga) desa berbeda yaitu Desa Oro-oro Ombu Kabupaten Malang, desa Taman Sari Kabupaten Banyuwangi dan desa Kutuh-Bali. Dalam kegiatan Study Tiru ini juga ikut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Luwu.

Kegitan Stury Tiru ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 21 Juli 2022 sampai dengan 25 Juli 2022. Desa pertama yang di kunjungi adalah desa Oro-oro Ombu kabupaten Malang. Didesa Oro-Oro Ombo ini semua rombongan mendapatkan beberpa ilmu baru unruk diterapkan, terutama strategi kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam pengembangan potensi desa. Pemerintah Desa Oro-oro Ombo juga menjelaskan agar jangan ragu dalam menjalin kerjasama untuk kepentingan desa.

Desa selanjutnya yang menjadi target kunjungan yaitu desa Taman Sari Kabupaten Banyuwangi. Desa Taman Sari ini merupakan salah satu desa dengan predikat Zero Kemiskinan dan Zero Pengangguran. Hal ini yang menarik banyak antusias Pemerintah Se-Kabupaten Luwu dalam sharing pengalaman. Didesa inilah Pemerintah Desa Barowa yang juga ikut dalam kegiatan Study Tiru ini mendapatkan satu ide yang bisa diterapkan didesa, mengingat desa Taman Sari sudah melebarkan sayap dengan memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Tercatat sudah 9 (sembilan) item kegiatan yang dilakukan oleh BUMDesa Taman Sari dengan omset yang sangat luar biasa. 

Terkahir desa yang dikunjungi oleh rombongan Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu adalah Desa Kutuh-Bali. Desa ini memiliki keistimewaan yaitu pantai yang sangat eksotis yang populer dengan sebutan Pantai Pandawa. Desa Kutuh dulunya juga merupakan desa yang tertinggal. Tapi semenjak tahun 2016 pemerintah desa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Provinsi serta Pemerintah Pusat merubah wajah desa. Inilah yang memicu semangat Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu untuk menimba ilmu agar bisa memajukan desanya. Pada Desa ini juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Luwu berharap semua ilmu yang didapatkan selama 5 (lima) dengan desa yang berbeda dapat dimaksimalkan penerapannya didesa masing-masing.

Foto Berita
DINAS PMD Provinsi Sulawesi Selatan gelar BIMTEK Pengelolaan Kelembagaan Adat dan Sosial Masyarakat T.A 2022

30 Agustus 2022

Kelembagaan Adat dan Sosial merupakan suatu wadah yang mengatur tatanan kehidupan masyarakat, terutama dalam skala desa. Sesuai dengan Undang-undang (UU) Desa Nomor 15 tahun 2015 pasal 95 ayat (1) yang berbunyi “Pemerintah Desa dan masyarakat Desa dapat membentuk lembaga adat Desa”, aturan inilah yang menjadi dasar untuk desa dapat membentuk Kelembagaan Adat di Desa. untuk itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengelolaan Kelembagaan Adat dan Sosial Masayakat di desa, yang dilaksanakan di kota Makassar selama 3 hari mulai dari tanggal 13 Juli 2022 sampai dengan 15 Juli 2022.

Dalam kegiatan Bimtek ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan mengundang 6 Kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Bulukumba, Takalar, Gowa, Bone, Barru dan Luwu. Dalam kegiatan tersebut semua peserta antusias selama pemaparan materi. Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan dan juga ditutup oleh beliau. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan berharap desa yang dapat membentuk Lembaga Adat desa agar segera dibentuk dan bersinergi dengan Dinas PMD Kabupaten dan Dinas PMD Provinsi