Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Study Tiru di 3 Desa, Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu Dapatkan Banyak Ilmu Baru

31 Agustus 2022
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 110 kali

Barowa-Luwu,. Dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintah dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah desa se-kabupaten luwu mengadakan Study Tiru di 3 (tiga) desa berbeda yaitu Desa Oro-oro Ombu Kabupaten Malang, desa Taman Sari Kabupaten Banyuwangi dan desa Kutuh-Bali. Dalam kegiatan Study Tiru ini juga ikut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Luwu.

Kegitan Stury Tiru ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 21 Juli 2022 sampai dengan 25 Juli 2022. Desa pertama yang di kunjungi adalah desa Oro-oro Ombu kabupaten Malang. Didesa Oro-Oro Ombo ini semua rombongan mendapatkan beberpa ilmu baru unruk diterapkan, terutama strategi kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam pengembangan potensi desa. Pemerintah Desa Oro-oro Ombo juga menjelaskan agar jangan ragu dalam menjalin kerjasama untuk kepentingan desa.

Desa selanjutnya yang menjadi target kunjungan yaitu desa Taman Sari Kabupaten Banyuwangi. Desa Taman Sari ini merupakan salah satu desa dengan predikat Zero Kemiskinan dan Zero Pengangguran. Hal ini yang menarik banyak antusias Pemerintah Se-Kabupaten Luwu dalam sharing pengalaman. Didesa inilah Pemerintah Desa Barowa yang juga ikut dalam kegiatan Study Tiru ini mendapatkan satu ide yang bisa diterapkan didesa, mengingat desa Taman Sari sudah melebarkan sayap dengan memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Tercatat sudah 9 (sembilan) item kegiatan yang dilakukan oleh BUMDesa Taman Sari dengan omset yang sangat luar biasa. 

Terkahir desa yang dikunjungi oleh rombongan Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu adalah Desa Kutuh-Bali. Desa ini memiliki keistimewaan yaitu pantai yang sangat eksotis yang populer dengan sebutan Pantai Pandawa. Desa Kutuh dulunya juga merupakan desa yang tertinggal. Tapi semenjak tahun 2016 pemerintah desa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Provinsi serta Pemerintah Pusat merubah wajah desa. Inilah yang memicu semangat Pemerintah Desa Se-Kabupaten Luwu untuk menimba ilmu agar bisa memajukan desanya. Pada Desa ini juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Luwu berharap semua ilmu yang didapatkan selama 5 (lima) dengan desa yang berbeda dapat dimaksimalkan penerapannya didesa masing-masing.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia