Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Selamat Hari Buku Sedunia, 23 April 2023

23 April 2023
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 317 kali

Hari Buku Sedunia ini juga dikenal dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 23 April 1995.

Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal kematian tiga penulis besar dunia, Miguel de Cervantes, William Shakespeare, dan Inca Garcilaso de la Vega.


Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dibuat sebagai bentuk penghargaan buku sebagai simbol harapan dan aspek yang penting dalam kehidupan.

Meskipun saat ini kecanggihan internet sudah tak terbatas namun ada beberapa pengetahuan yang hanya didapatkan melalui buku. 

Adanya Hari Buku Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kembali minat baca.


Pada tahun 1930, Raja Alfonso XIII dari Spanyol memindahkan perayaan ini ke tanggal 23 April , yang merupakan hari kematian Cervantes. Tanggal ini juga diperingati sebagai Hari Santo Jordi di Catalonia, Spanyol, yang merupakan hari besar di sana. 

Di Hari Santo Jordi, orang memberikan hadiah, dan sejak Pameran Buku Barcelona tahun 1931, hadiah khas termasuk buku dan mawar. Tanggal 23 April juga memiliki makna lain karena merupakan hari peringatan kematian penulis William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega

UNESCO memilih tanggal ini sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia (World Book and Copyright Day) pada tahun 1995 karena faktor-faktor tersebut. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi sangat populer di Catalonia dan diselenggarakan oleh UNESCO untuk mempromosikan pentingnya membaca, penerbitan, serta hak cipta.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia