PEMERINTAH DESA BAROWA TUNTASKAN PENYALURAN BLT DANA DESA T.A 2022

27 Desember 2022

Foto Berita

Luwu-Barowa. Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa telah memasuki triwulan terakhir penyaluran. Dimana setiap penyaluran mengcover 3 bulan, jadi selama setahun terdapat 4 kali Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Barowa yang telah menyelesaikan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Triwulan terakhir untuk Bulan Oktober s/d Desember 2022. 

Dalam acara tersebut juga turut hadir Kapolsek Kecamatan Bua Iptu Syarief Sikati SH, MH yang memberikan Safari Kamtibmas kepada masyarakat. Dalam penyampaiannya, Kapolsek Bua mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dilingkungan masing-masing, mengingat pergantian tahun sudah tidak lama lagi. Sudah menjadi tradisi diseluruh lapisan masyarakat setiap pergantian tahun akan menyambutnya dengan berbagai macam cara, maka dari itu diharapkan untuk tetap menjaga situasi agar tetap kondusif. Diakhir sambutannnya, Kapolsek Bua juga menyerukan untuk segera melaporkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu kepada pemerintah desa setempat atau kepada aparat kepolisian & TNI.

Sebelum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa triwulan terakhir, Kepala Desa Barowa "IKHSAN ARIFIN" menyampaikan kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa bahwa untuk tahun depan tidak menutup kemungkinan akan ada pengurangan penerima BLT Dana Desa. Hal itu disebabkan oleh aturan yang akan diberlakukan tahun depan sudah berbeda dengan tahun sekarang, jadi kami Pemerintah Desa beserta BPD & Pendamping akan melaksanakan Musyawarah untuk menindak lanjuti aturan tersebut. Menyikapi hal yang disampaikan oleh Kepala Desa Barowa, seorang Penerima Manfaat BLT Dana Desa menyampaikan bahwa " semoga masih saya dapat tahun depan lagi pak desa,karena tidak ada mi suamiku".

Penyaluran BLT Dana Desa berjalan lancar dan kondusif sehingga cepat tersalurkan.

Berita Terkait

Foto Berita
Gotong Royong Menjadi Tagline Harlah Pancasila Tahun 2023

01 Juni 2023

Luwu-Barowa, Bangsa Indonesia merayakan Hari Lahir Pancasila dengan semangat gotong royong untuk membangun peradaban dan mendorong pertumbuhan global. Perayaan ini menjadi momen penting untuk merefleksikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai fondasi dasar negara.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun ini, berbagai acara dan kegiatan diadakan di seluruh penjuru Indonesia. Presiden Republik Indonesia, bersama dengan tokoh-tokoh nasional dan masyarakat, menghadiri upacara peringatan di Istana Merdeka.

Dalam pidato kenegaraan, Presiden menekankan pentingnya semangat gotong royong dalam membangun peradaban yang berkelanjutan dan memperkuat posisi Indonesia di tingkat global. Dia mengatakan, "Gotong royong merupakan roh yang melekat dalam jiwa bangsa kita. Dengan bersatu dan bahu-membahu, kita dapat mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia."

Selain itu, sejumlah kegiatan gotong royong dilakukan di berbagai daerah. Masyarakat, organisasi masyarakat, dan lembaga pemerintah berkolaborasi untuk menjalankan program-program pengembangan sosial, pembangunan infrastruktur, dan pemeliharaan lingkungan. Proyek-proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Tak hanya di dalam negeri, perayaan Hari Lahir Pancasila juga mendapatkan perhatian global. Indonesia, sebagai negara yang mengemban nilai-nilai Pancasila, berperan aktif dalam mempromosikan kerjasama internasional berdasarkan semangat gotong royong. Diplomasi ekonomi dan budaya menjadi fokus untuk memperluas jejaring kerjasama bilateral dan multilateral.

Pada kesempatan ini, beberapa negara mitra menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi peran Indonesia dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan berkontribusi terhadap pertumbuhan global. Para pemimpin dunia juga mengakui pentingnya semangat gotong royong dalam mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan ketimpangan sosial.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini memberikan kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menghormati kebhinekaan, dan memperkuat semangat gotong royong sebagai pondasi kuat bagi pembangunan bangsa. Dengan semangat ini, Indonesia siap menerjang masa depan yang lebih baik dan terus memberikan kontribusi positif bagi peradaban dunia.

Sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila, Indonesia tetap berkomitmen untuk terus memajukan nilai-nilai gotong royong dalam segala aspek kehidupan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Semoga semangat gotong royong terus membara dan memberi inspirasi bagi peradaban manusia yang lebih adil, makmur, dan berkelanjutan.

Foto Berita
Pemdes Barowa Menyaluran Bantuan Kepada Masyarakat Dampak Banjir

16 Mei 2023

Barowa-Luwu. Di tengah musibah banjir yang melanda Desa Barowa, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Desa Barowa bergerak cepat dalam menyalurkan bantuan kepada para korban. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban yang dialami oleh masyarakat yang terdampak banjir.

Banjir yang melanda Desa Barowa telah menyebabkan kerugian material yang signifikan dan mengakibatkan banyak rumah warga terendam banjir. Dalam menghadapi situasi ini, BPBD Kabupaten Luwu segera membentuk tim tanggap bencana yang terdiri dari petugas BPBD, relawan, dan pihak terkait lainnya.

Tim tanggap bencana tersebut bekerja dengan sigap dalam melakukan pendataan terhadap korban banjir dan mengevaluasi tingkat kebutuhan masyarakat setempat. Setelah melakukan pendataan, BPBD Kabupaten Luwu mengorganisir proses penyaluran bantuan dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban yang terdampak banjir. Dalam bencana ini juga BPBD Kabupaten Luwu dan Basarnas Luwu mengevakuasi seorang warga Desa Barowa yang mengalami perdarahan akibat tergigit seekor biawak yang terbawa arus banjir.

Bantuan yang disalurkan oleh BPBD Kabupaten Luwu mencakup beberapa item penting, antara lain:

  1. Makanan dalam bentuk Mie Instan (karton).

  2. Air Mineral dalm kemasan karton.

Proses penyaluran bantuan tersebut dilakukan secara terorganisir dan transparan. BPBD Kabupaten Luwu bekerja sama dengan pemerintah desa setempat untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang membutuhkannya.

Kepala BPBD Kabupaten Luwu, Bapak Suryanto, mengungkapkan, "Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana banjir".

Foto Berita
Banjir Menerjang, Efek Perubahan Cuaca Extrem

16 Mei 2023

Barowa-Luwu. Perubahan Cuaca yg cukup extrem diwilayah Sulawesi selatan beberpa hari terakhir, menyebabkan terjadi bencana alam dibeberapa wilayah. serperti yang terjadi di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu, curah hujan tinggi yang terjadi di daerah pegunungan sejak siang sampai sore (senin/8 mei 2023) menyebabkan terjadi bencana alam banjir yang cukup parah. 

Air meluap sangat cepat mengakibatkan bnyak benda berharga milik warga yg tidak sempat terselamatkan. menurut laporan yang terhimpun, terdapat 5 desa & 1 kelurahan yang terdampak bencana alam ini. pada banjir kali ini menelapan 1 korban jiwa yang terseret air. korban tersebut di temukan di muara sungai pada selasa 9 mei 2023 oleh tim BPBD & Basarnas Kabupaten Luwu.

Bencana ini langsung direspon oleh Gubernur Sulawesi Selatan, ANDI SUDIRMAN SULAIMAN dengan meninjau langsung di kecamatan bua kabupaten luwu. beliau juga menghadiri pemakaman korban jiwa di desa Posi Kecamatan Bua Kabupaten Luwu yang didampingi oleh Bupati Luwu BASMIN MATTAYANG, SH.MH.

Selain menghadiri acara pemakaman korban jiwa, gubernur & bupati luwu juga membawa serta membagikan lagsung bantuan kepada warga yg terdampak bencana alam ini.

"semoga dengan bantuan yang kami berikan ini, dapat meringankan beban seluruh masyarakat kecamatan bua yang terdampak banjir ini" ucap gubernur saat memberikan bantuan. senada dengan hal tersebut, bupati luwu juga berharap semoga kedepannya tidak terjadi lagi bencana di daerah kita ini.

Diantara desa yg terdampak paling parah bencana ini yaitu Desa barowa, sebab berada di Muara Sungai. Sesuai dengan data yag terhimpun, sekitar 87% rumah warga terendam banjir kali ini. Menurut salah satu warga, "Ini banjir besar sekali memang karena sudah beberapa kejadian banjir yang lalu tidak pernah sampai masuk keda;am rumahku, barusan ji ini masuk kerumah" tuturnya. Kepala Desa Barowa (IKHSAN ARFIN) juga menuturkan hasl yang senada dengan warganya, " Sudah beberapa kali terjadi banjir yang juga cukup parah tetapi banjir kali ini sangat parah karena sudah masuk juga di kantor desa, yang mana banjir-banjir sebelumnya itu tidak pernah sampai merendam kantor desa". Kami Pemerintah Desa Barowa sangat berharap kepada Pemerintah baik Daerah, Provinsi maupun Pusat agar kiranya dapat menormalisasikan dan menanggul sungai yang berada di desa kami, sebab sudah sangat dangkal", tambahnya. Didesa Barowa sendiri air mulai menggenang rumah warga mulai pukul 17.30 dan baru surut pada pukul 23.50 Wita.