Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

PEMDES BAROWA LAKSANAKAN MUSRENBANG TAHUN 2024 & LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN BUMDES TAHUN 2022

14 Januari 2023
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 102 kali

Luwu-Barowa. Menindaklanjuti surat Pemerintah Kecamatan Bua tentang pelaksanaan Musrenbang Kegiatan yang akan diusulkan kepada pemerintah baik itu skala kabupaten, provinsi ataupun pusat, Pemerintah Desa Barowa melaksanakan Musrenbang untuk Kegiatan Tahun 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, semua usulan yang didapatkan oleh kepala dusun dari warganya masing-masing langsung dibacakan pada forum musrenbang dan langsung di agendakan oleh notulen.

 

Kegiatan Musrenbang ini dibuka langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) CHALDUN SIODJA. Pada kesempatan ini hadir bapak Camat Bua  H. MUHAMMAD SATTI ABDUL LATIEF, S.Sos yang memberikan sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Jangan ki tanggung-tangung dalam mengusulkan kegiatan, masukkan ki sebanyak mungkin terutama menyangkut bencana banjir mengingat desa barowa ini langganan banjir. Dan juga jangan hanya terfokus pada satu atau dua SKPD, masih banyak kegiatan yang bias disulkan ke SKPD lainnya”, tambahnya. Turut hadir juga dari Pemerintah Kecamatan Bua yaitu ISMADI, SUDARMIN, MARMIATI,SP , ANDI BESSE, dan juga Dra. Hj, SURIANI.

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Desa Barowa IKHSAN ARIFIN yang menyampaikan bahwa semua usulan yang akan disampaikan oleh masing-masing kepala dusun sudah di rembuk bersama dengan ketua RT masing-masing berserta warganya. Karena Musrenbang ini juga di rangkaikan dengan Pertanggung Jawaban Bumdesa “Barowa Mandiri Barowa” untuk Tahun 2022, beliau menekankan kepada Bumdesa “usakan ki untuk tahun ini tambah kegiatan usaha ta’ yang dikelola tapi usaha yang bisa membantu perekonomian masyarakat Desa Barowa”. Untuk Sisa Hasil Usaha (SHU) Bumdesa Tahun 2022 yang ke kas desa, akan kami pergunakan untuk pembenahan kantor desa”, lanjutnya.

 

Dalam penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Bumdesa Tahun 2022, juga didampingi oleh Pendamping Desa yaitu MUSMULIYADI BAKRI,ST , YUNUS,ST , MIRAHARTATI & HERNAWATI. Jauh hari sebelumnya semua pengurus Bumdesa selalu konsisten berkoordinasi dengan pendamping desa guna untuk menyempurnakan Laporan Pertanggung Jawaban yang akan di sampaikan di forum. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Selain dari pihak Pemerintah Kecamatan Bua dan Pendamping Desa, hadir juga Duta Digital Desa yang mendampingi desa barowa yaitu ibu MARNIATI. Pada saat berjalannya musrenbang Duta Digital ini juga menyampaikan kepada semua kepala dusun bahwa jangan hanya kegiatan fisik yang menjadi focus pengusulan, bisa juga diusulkan pelatihan-pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat menyakut pengembangan desa cerdas karena Desa Barowa masuk sebagai lokus Desa Cerdas. Menyikapi hal tersebut, seluruh peserta forum sangat mengapresiasinya. Setelah semua usulan disusun dalam dokumen pengusulan, selanjutnya tinggal menunggu jadwal Musrenbang tingkat Kecamatan.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia