DESA BAROWA KEDATANGAN TAMU MAHASISWA KKN UNIVERSITAS ANDI DJEMMA KOTA PALOPO

10 November 2022

Foto Berita

LUWU-BAROWA. Universitas Andi Djemma Kota Palopo mempercayakan Desa Barowa sebagai salah satu lokasi untuk mahasiswa mereka untuk melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebanyak 11 orang Mahasiswa yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 4 orang laki-laki akan menjadi tamu bagi masyarakat Desa Barowa selama 2 (dua) bulan kedepan. 

Desa Barowa juga sudah pernah menerima Mahasiswa dari Universitas Andi Djemma Kota Palopo, dan ini kali ke-3 Mahasiswa dari kampus ini mengabdi di desa barowa. Pada hari Selasa, 8  November 2022 mahasiswa KKN ini melangsungkan acara Seminar Porgram Kerja yang di hadiri oleh Pemerintah Desa Barowa, PPL KKN Universitas Andi Djemma Kota Palopo dan Masyarakat Desa Barowa. Sebelum melakukan acara Seminar Program Kerja tersebut, seminggu sebelumnya mahasiswa KKN ini melakukan identifikasi wilayah serta merumuskan program kerja yang tepat untuk 2 bualan kedepannya. 

"Kami harap ananda semua dapat mengaplikasikan semua materi pendidikan yang telah diserap di kampus dan jangan merasa sungkan untuk berbaur dengan masyarakat desa barowa. Saya juga ingatkan kepada ananda semua agar menjaga nama baik kampus ta' dan jika keluar harap pakai almamater, karena itu adalah tanda atau simbol untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan" ujar Ikhsan Arifin (Kepala Desa Barowa).

Kedepannya, mahasiswa KKN ini akan melakukan semua program kerja yang telah di presentasikan dan optimis semua program kerja tersebut akan terselesaikan sebelum waktu penarikan.

Berita Terkait

Foto Berita
PENDAMPING DESA & PEMERINTAH DESA BERSINERGI IKUT LOMBA PODCAST DESA

10 November 2022

LUWU-BAROWA. Lomba podcast pendamping lokal desa diumumkan secara resmi oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam Peringatan Hari Bhakti Pendamping Desa yang digelar beberapa waktu lalu. Pasalnya, lomba yang hanya diperuntukkan bagi Pendamping Lokal Desa (PLD), bertemakan “Mengentaskan Warga Miskin Ekstrem di Desa”. Tak ayal, hal inilah yang menjadi dasar bagi pendamping desa di kecamatan bua (Musmuliadi, Yunus, Mirahartati & Ernawati) untuk ikut serta dalam Lomba ini.

 Bukan hanya karena hadiahnya yang bikin ngiler. Melainkan, bagi 3 terbaik nasional, akan hadir dalam acara langsung bersama para mantan Menteri Desa PDTT. Berkenaan dengan waktu Lomba podcast sendiri, itu akan dimulai dari tanggal 7 0ktober 2022 hingga berakhir pada 17 November 2022.

agi pemenang lomba podcast pendamping lokal desa akan diberikan hadiah berupa sertifikasi dari Menteri Desa PDTT yang bisa digunakan sebagai tambahan portofolio sertifikasi pendamping desa.

Adapun sertifikat yang disediakan sebagai hadiah lomba tersebut, adalah sebagai berikut.

Sertifikasi pemenang disediakan untuk setiap :

  1. 10 besar terbaik tingkat kabupaten,
  2. 10 besar terbaik tingkat provinsi, dan
  3. 10 besar terbaik tingkat nasional.

Selanjutnya, dari sepuluh besar pemenang tingkat nasional akan menerima penghargaan langsung di Jakarta pada tanggal 2 Desember 2022 mendatang.

Kemudian, dari sepuluh besar pemenang tingkat nasiona, akan dipilih 3 terbaik nasional yang akan hadir dalam acara langsung bersama para mantan Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Foto Berita
BLT SUBSIDI BBM TERSALURKAN DI DESA BAROWA

14 September 2022

LUWU-DB. Bantuan Langsung Tunai Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat sudah ditindak lanjuti secara serentak di seluruh Indonesia. Seperti halnya di Desa Barowa Kecamatan Bua Kabupaten Luwu pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 telah salurkan sebanyak 105 Keluarga Penerima Manfaat BLT BBM ini. Tenaga dari PT. POS Indonesia cabang Palopo yang menjadi penyalur BLT BBM ini juga sangat antusias dalam menyalurkan bantuan. Terbukti pada hari yang telah ditentukan, mereka hadir 10 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Seakan tak mau kalah dengan Tim Penyalur dari PT. POS Indonesia, sejumlah warga yang sudah mendapatkan Barcode yang diberikan oleh Pemerintah Desa Barowa mereka bahkan ada yang hadir setengah jam sebelum waktu yang ditentukan.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan, semua keluarga penerima manfaat didesa barowa tidak ada yang diwakili dan semua membawa dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang asli. Berkat kehadiran Kepala Desa Barowa IKHSAN ARIFIN dalam membantu mengatur jalannya penyaluran BLT BBM ini, semua berjalan dengan lancar dan tidak yang saling mendahului satu sama yang lain. Acara penyaluran ini berjalan kurang lebih satu jam dengan total penerima sejumlah 105 sesuai dengan daftar yang terbit. "Alhamdulillah ada lagi Bantuan BLT BBM ini didapat, sangat bermanfaat sekali ini bantuan untuk kebutuhan Pokok sehari-hari", ujar salah seorang penerima yang enggan disebutkan namanya.

Foto Berita
TIM PUSKESMAS KECAMATAN BUA LAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN DI KANTOR DESA BAROWA

13 September 2022

LUWU-DB. Tim Penyuluh Kesehatan Puskesmas Bua gencar melakukan penyuluhan kesehatan ke semua desa dan kelurahan yang ada dikecamatan bua dalam rangka mencegah peningkatan kasus penyakit terutama Penyakit Diare pada anak dan Penyakit Rabies. Pada kegiatan Penyuluhan tersebut materi yang dibawakan oleh dr. H. Bunadi, M.Kes yaitu tentang Penyakit Rabies yang ditularkan oleh hewan. Dalam menyampaikan materinya, beliau menegaskan untuk mengenali ciri-ciri hewan bisa menyebabkan rabies karena gigitannya. Hewan paling sering menyebabkan rabies yaitu anjing gila disamping kucing juga bisa menyebabkan rabies, lanjutnya.

Selain mengenali ciri-ciri hewan yang bisa menyebabkan rabies, dr. H. Bunadi, M.Kes juga mengajari masyarakat untuk melakukan penanganan pertama jika terjadi gigitan. Puskesmas Bua merupakan Sentra Vaksin untuk Rabies, sehingga ketersediaan vaksin rabies selalu standby di puskesmas. Selain materi tentang Rabies, juga hadir dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri yang membawakan tentang materi Diare yang juga menjadi fokus penanganan di puskesmas bua. Mengingat belakangan ini banyak yang datang ke puskesmas bua dengan diagnosis Diare. Yang paling bnyak terserang yaitu anak-anak. Dengan maraknya kasus diare ini, dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri menegaskan kepada masyarakat terutama ibu-ibu untuk cepat melakukan penanganan pertama sesuai dengan apa yang di jelaskannya pada slide yang ditampilkan. "Untuk ibu-ibu ketika jangan menunggu parah baru kita bawa ke puskesmas, karena bisa fatal akibatnya kalau terlambat ki' bawa anak ta', lanjut dokter cantik ini yang juga merupakan anak salah satu dokter ternama di palopo. Dalam sesi tanya-jawab masyarakat antusias untuk mengetahui apa yang menjadi penetus penyakit sampai penangannya.