Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Demi Keamanan, Pemerintah Desa Barowa menggelar Musyawarah Kantibmas

26 Agustus 2023
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 117 kali

Luwu-Barowa, Pemerintah Desa Barowa menggelar Musyawarah Kantibmas yang berlangsung pada hari Rabu, tanggal 23 Agustus 2023. Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Bhabinkantibmas Desa Barowa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), aparat, Pendamping Desa, dan masyarakat, menyoroti pentingnya sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan desa.

Musyawarah Kantibmas ini diinisiasi oleh Pemerintah Desa Barowa sebagai langkah nyata dalam mempererat kolaborasi antara aparat keamanan dan masyarakat setempat. Kehadiran Bhabinkantibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian di tingkat desa memberikan dimensi yang kuat terhadap upaya menjaga kamtibmas.

Dalam pidato pembukaannya, Kepala Desa Barowa menekankan pentingnya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif. "Kami percaya bahwa keamanan adalah tanggung jawab bersama. Dengan adanya Musyawarah Kantibmas ini, kami berharap dapat lebih efektif dalam membangun rasa saling percaya antara aparat keamanan dan warga desa," ujarnya.

Ketua BPD, sebagai wakil dari lembaga perwakilan masyarakat, menyampaikan bahwa musyawarah ini juga merupakan wadah untuk menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat terkait upaya peningkatan keamanan dan ketertiban. "Kami akan mengambil setiap masukan dengan serius dan berupaya menerjemahkannya dalam langkah-langkah konkret untuk kebaikan bersama," tegasnya.

Diskusi intensif antara Bhabinkantibmas, aparat, Pendamping Desa, dan masyarakat menghasilkan sejumlah kesepakatan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. 1. Program Sosialisasi Keamanan: Aparat akan mengadakan serangkaian sosialisasi keamanan di berbagai lingkungan di desa, termasuk pemberian informasi tentang tindakan preventif dan respons dalam situasi darurat.


  2. 2. Peningkatan Patroli: Bhabinkantibmas dan aparat akan meningkatkan frekuensi patroli di area-area vital desa, seperti sekolah, tempat ibadah, dan daerah rawan kriminalitas.


  3. 3. Pemberdayaan Masyarakat: Pendamping Desa akan berperan aktif dalam membantu masyarakat memahami hak dan kewajiban mereka dalam menjaga keamanan desa, serta memberikan edukasi tentang pengenalan tindakan mencurigakan.


  4. 4. Laporan dan Pengaduan: Masyarakat dihimbau untuk lebih proaktif melaporkan kejadian atau perilaku mencurigakan kepada aparat. Aparat, dalam hal ini, berjanji akan menindaklanjuti setiap laporan dengan serius.


  5. 5. Forum Berkelanjutan: Musyawarah Kantibmas akan dijadikan sebagai platform berkala untuk evaluasi dan penyusunan langkah-langkah lanjutan dalam menjaga kamtibmas di Desa Barowa.

Melalui Musyawarah Kantibmas ini, Pemerintah Desa Barowa menegaskan komitmen dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warganya. Kebersamaan antara aparat, perwakilan masyarakat, dan pendamping desa diharapkan akan menjadi modal utama dalam mewujudkan tujuan ini.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia