Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Banjir Menerjang, Efek Perubahan Cuaca Extrem

16 Mei 2023
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 283 kali

Barowa-Luwu. Perubahan Cuaca yg cukup extrem diwilayah Sulawesi selatan beberpa hari terakhir, menyebabkan terjadi bencana alam dibeberapa wilayah. serperti yang terjadi di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu, curah hujan tinggi yang terjadi di daerah pegunungan sejak siang sampai sore (senin/8 mei 2023) menyebabkan terjadi bencana alam banjir yang cukup parah. 

Air meluap sangat cepat mengakibatkan bnyak benda berharga milik warga yg tidak sempat terselamatkan. menurut laporan yang terhimpun, terdapat 5 desa & 1 kelurahan yang terdampak bencana alam ini. pada banjir kali ini menelapan 1 korban jiwa yang terseret air. korban tersebut di temukan di muara sungai pada selasa 9 mei 2023 oleh tim BPBD & Basarnas Kabupaten Luwu.

Bencana ini langsung direspon oleh Gubernur Sulawesi Selatan, ANDI SUDIRMAN SULAIMAN dengan meninjau langsung di kecamatan bua kabupaten luwu. beliau juga menghadiri pemakaman korban jiwa di desa Posi Kecamatan Bua Kabupaten Luwu yang didampingi oleh Bupati Luwu BASMIN MATTAYANG, SH.MH.

Selain menghadiri acara pemakaman korban jiwa, gubernur & bupati luwu juga membawa serta membagikan lagsung bantuan kepada warga yg terdampak bencana alam ini.

"semoga dengan bantuan yang kami berikan ini, dapat meringankan beban seluruh masyarakat kecamatan bua yang terdampak banjir ini" ucap gubernur saat memberikan bantuan. senada dengan hal tersebut, bupati luwu juga berharap semoga kedepannya tidak terjadi lagi bencana di daerah kita ini.

Diantara desa yg terdampak paling parah bencana ini yaitu Desa barowa, sebab berada di Muara Sungai. Sesuai dengan data yag terhimpun, sekitar 87% rumah warga terendam banjir kali ini. Menurut salah satu warga, "Ini banjir besar sekali memang karena sudah beberapa kejadian banjir yang lalu tidak pernah sampai masuk keda;am rumahku, barusan ji ini masuk kerumah" tuturnya. Kepala Desa Barowa (IKHSAN ARFIN) juga menuturkan hasl yang senada dengan warganya, " Sudah beberapa kali terjadi banjir yang juga cukup parah tetapi banjir kali ini sangat parah karena sudah masuk juga di kantor desa, yang mana banjir-banjir sebelumnya itu tidak pernah sampai merendam kantor desa". Kami Pemerintah Desa Barowa sangat berharap kepada Pemerintah baik Daerah, Provinsi maupun Pusat agar kiranya dapat menormalisasikan dan menanggul sungai yang berada di desa kami, sebab sudah sangat dangkal", tambahnya. Didesa Barowa sendiri air mulai menggenang rumah warga mulai pukul 17.30 dan baru surut pada pukul 23.50 Wita. 

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia