Logo

Desa Barowa

Kabupaten Luwu

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Inspektorat Kab. Luwu berkolaborasi dengan APDESI Kab. Luwu gelar "Coaching Clinic Keuangan Desa"

4 Oktober 2023
Ditulis oleh IKHSAN ARIFIN
Dilihat 145 kali

Luwu-Barowa. Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu, bekerja sama dengan Inspektorat Kabupaten Luwu, menggelar "Coching Clinic Keuangan Desa" selama tujuh hari berturut-turut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen keuangan di tingkat desa dan membantu pemerintah desa dalam menyelenggarakan pengelolaan keuangan yang lebih efektif.

Kegiatan ini dimulai pada hari Senin, 25 September 2023, dan berlangsung hingga Minggu, 1 Oktober 2023. Selama periode ini, dua kecamatan di Kabupaten Luwu diprioritaskan setiap harinya untuk menerima pelatihan keuangan desa. Kegiatan diawali dengan Kecamatan Larompong Selatan dan Kecamatan Larompong pada hari pertama, dilanjutkan dengan Kecamatan Suli dan Kecamatan Suli Barat pada hari kedua, dan seterusnya.

Pada hari Rabu, 27 September 2023, giliran Kecamatan Bua yang terdiri dari 14 desa mendapatkan pelatihan keuangan desa dari Coching Clinic. Kegiatan dimulai pukul 09.00 waktu setempat dan berakhir pada pukul 15.00 WITA. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah desa, Inspektorat Kabupaten Luwu, serta tim ahli keuangan.

Dalam Coching Clinic Keuangan Desa, peserta diajarkan berbagai aspek penting terkait manajemen keuangan desa, termasuk perencanaan anggaran, pelaporan keuangan, pengendalian keuangan, serta tata kelola keuangan yang baik. Selain itu, peserta juga diajarkan cara menggunakan aplikasi dan sistem yang mendukung efisiensi dalam pengelolaan keuangan desa.

Kepala APDESI Kabupaten Luwu, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan kemampuan pemerintah desa dalam mengelola keuangan mereka dengan baik. "Kami berharap, setelah mengikuti Coching Clinic ini, pemerintah desa di Kabupaten Luwu dapat mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk kepentingan masyarakat secara lebih efisien dan transparan," .

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu, menyatakan komitmen untuk terus mendukung peningkatan tata kelola keuangan desa. "Inspektorat Kabupaten Luwu akan terus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada pemerintah desa dalam menjalankan tugas mereka dengan baik,".

Kegiatan Coching Clinic Keuangan Desa ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pembangunan di tingkat desa, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta menciptakan pemerintahan yang lebih akuntabel dan transparan di Kabupaten Luwu.

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Barowa

Kecamatan Bua

Kabupaten Luwu

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia